Saya Harus SEHAT!!

Standar

Bismillahirahmannirahim

dalam suasana yang sangat sempurna untuk menuliskan hal ini..

setelah kuliah BHP (etika) sama dokter yang sangat menyemangati,, dalam kondisi penurunan kapasitas fisik dan produktifitas..

“jangan sampai kalian sebagai dokter membuat pasien “memberhalakan” organnya”

karena kenyataannya, banyak pasien yang akhirnya sedemikian terobsesinya untuk “sekedar” sehat dengan cara apapun, tanpa mengerti kenapa dia harus sehat.. disanalah peran dokter yang baik, mengajak pasien berupaya sehat karena ada visi dan misi hidup yang perlu dijalani dengan kondisi sehat.. bukan sekedar,,

“saya ingin sehat,, lakukan yang terbaik yang bisa dokter lakukan,, yang penting saya bisa sehat dan tidak mati..”

tapi pasien ga pernah mengerti, kenapa dia harus sehat dan tetap hidup..

dan kini,, saya memang belum menjadi dokter,, belum bertemu pasien,, dan menentukan sikap setiap kali saya bertemu pasien nantinya.. saya hanya seorang pasien dari seorang dokter..

saya harus sehat!!,  kalimat ini terus bergaung sejak diskusi saya bersama seorang dokter mengenai apa yang saya alami akhir2 ini.. layaknya pasien biasa, saya ingin sehat karena saya ga mau merasakan nyeri ini terus menerus,, just it.. tapi, setelah kuliah  siang itu, saya termotivasi untuk mendefinisikan sesuatu,, kenapa saya harus sehat dan berusaha untuk sehat..

saya harus sehat,, karena..

– Allah lebih mencintai hambaNya yang kuat ketimbang yang lemah..

– ketika sehat, aktivitas saya lebih terasa mudah dan produktif..

– saat sakit, saya sangat mudah menyerah dan “lelah” menjalankan apapun yang seharusnya saya kerjakan..

– saya yakin, langkah saya menuju surga-Nya harus digapai dengan “berlari kencang”. saat sakit, langkah ini terasa lebih berat, seringkali saya hanya bisa “merangkak” untuk meniti langkah2 kecil ini..  banyak yang akhirnya tak terselesaikan karena kepasrahan saya sendiri.. dan saya khawatir, tiba2 waktu saya berakhir di tengah keterbatasan ini..

– saya adalah seorang akhwat, yang kelak akan menjadi bunda.. bunda yang baik adalah bunda yang kuat, cerdas, selalu siap dan sigap dalam mendidik, menjaga, dan merawat jundi-jundinya..

karenanya, saya harus sehat.. bukan sekedar ingin terbebas dari rasa sakit dan takut mati, tapi karena sehat berbanding lurus dengan kualitas hidup qta..

semangat!

Tinggalkan Balasan

