Rekonstruksi pikiran tentang masa depan

Standar

Bismillahirahmannirahim

sebelum waktu beranjak dari hari ini,, saya sangat ingin menulis sesuatu yang sangat inspiring hari ini.. sesuatu yang harusnya sudah diulang 4 kali dalam hidup ini, tapi, tetap menyemangati dan memberi makna baru dalam agenda hari ini..

berawal dari satu kebetulan, meski yakin kalo Allah selalu merancang semua yang terbaik, saya ditempatkan untuk mendengarkan materi dari seorang kakak kelas yang luar biasa..

saya kembali diingatkan untuk menjadi seorang mahasiswa yang ideal, di saat waktu yang tersisa tinggal satu tahun lagi.. ternyata waktu yang berlalu sedemikian cepatnya, dan sekarang saya ingin membayangkan semua yang harus saya lakukan di tahun terakhir.

Mahasiswa ideal adalah orang yang bisa kompeten dari segi akademis, memiliki karakter yang kuat dan mau berkembang, dan siap mengaktualisaskan dirinya.. karena mahasiswa adalah orang yang diamanahi Allah untuk belajar di universe (alam semesta) – ity, karenanya, dimanapun, kapanpun, dalam kondisi apapun, balajarlah semaksimal mungkin, karena intinya mahasiswa adalah pembelajar..

hal yang benar-benar menjawab kebingungan saya akhir-akhir ini adalah tentang aktualisasi. akhirnya saya mendefinisikan sesuatu,, aktualisasi adalah ketika seseorang dapat mengeksploitasi sepenuhnya talenta, kapasitas, dan potensi.. sepotong kalimat ini menyadarkan saya, bahwa dimanapun qta berada, berikan persembahan terbaik bagi lingkungan dengan melakukan yang terbaik di setiap kesempatan.  bukan berarti, aktualisasi hanya terbatas di kampus dan dalam lingkup dunia kemahasiswaan, di rumah, di kosan, dan tempat lainnya.

dan yang membuat saya tertegun, merasa belum melakukan banyak hal yang bermakna tiga tahun ke belakang adalah.. libatkan passion dalam aktivitasmu, dan passion muncul berasal dari tujuan qta di masa depan. contoh nyatanya adalah kakak kelas saya tadi. rencana besarnya dengan menjadi seorang dokter di masa depan. akhirnya saya mengingat rencana saya ke depan.. satu hal sederhana, saya ingin menjadi seorang IBU RUMAH TANGGA.. dan ternyata itu cukup mempengaruhi semangat saya dalam belajar menjadi seorang dokter. benar itu mulia dan tak mudah, begitu banyak yang harus saya persiapkan ketika ingin menjadi seorang ibu yang baik. tapi, itu juga cukup membuat saya “nyantai” dalam belajar..

dan akhirnya, satu quote bagus menutup materi hari ini..

“Life isn’t about finding yourself, life is about creating yourself”

Karena qta yang menentukan langkah qta ke depannya..

Ketika kamu tidak memutuskan untuk maju, maka kamu sedang mundur perlahan, hingga tak disadari kemundurannya.

sedikit berantakan, tanpa alur pikir yang jelas, di saat kadar glukosa sudah semakin tipis.. Semangat..^_^

Tinggalkan Balasan

