Kaleidoskop 2010

Standar

Bismillahirahmanirahim

Masuk ke tahun 2011,, g bisa dipungkiri, mungkin jauh lebih semarak dibandingkan orang2 menyambut tahun baru hijriyah.. sedih memang,, tapi y mungkin disanalah terlihat perbedaan pandangan dan konsep kehidupan yang diusung orang yg menyambut tahun baru masehi dan hijriyah.. ada caranya, ada aturannya yang akhirnya berbeda juga bentuk perayaan..

Kaleidoskop 2010,, kenapa g ada yg versi 1430,, karena semua sebenernya berjalan hampir bersamaan,, hanya selisih beberapa hari,, dan mungkin masih “terpaksa” mengikuti arus di sekitar,, menggunakan tahun masehi sebagai penanggalan utama.. dan, sebenernya alasan utamanya, (semoga bukan sekedar cari-cari alasan..) adalah karena baru sempat membuat sekarang.. ^^

prolognya kepanjangan.. g papa y.. setelah lama g nulis,, dan “sekedar” mem-posting LI,, banyak yg pingin diomongin, dikeluarin, dibagi disini.. hhoo.. akhirnya terbentuklah satu ide untuk membuat rekam jejak tahun kemaren.. semoga bisa jadi penyemngat tahun ini.. karena pengalaman adalah guru yg berharga..^^

2010,, tahun yg berkesan dan penuh pencapaian,, meski banyak juga kegagalannya.. hheu..

2010 kemaren, alhamdulillah bisa juga ngjalanin prosesi pulang ke rumah tiap pekan secara rutin,, walaupun masih ada akhir pekan yg harus dilalui di jatinangor,, di jakarta, di rancaupas, di puntang, di cianjur, dan tempat lainnya.. bersyukur bisa ngrasain nikmatnya ngumpul sama keluarga dan selalu menikmati sensasi kangen yg muncul di malam sabtu dan memenuhi haknya saat sabtu tiba.. sensasi yg unik,, meski ada yg luntur di akhir tahun,, semoga bukan karena jenuh dengan rutinitasnya,, tapi kondisi psikologis aja, yg emang cukup berimbas kemana-mana.. mungkin tahun depan g bisa se-intens ini pulangnya, tapi harus diikhtiarkan..^^

2010 adalah perjalanan panjang menuju kemandirian dan tanggungjawab.. untuk pertama kalinya ikut acara taraf wilayah (MMLC,, walaupun tempatnya cuma di cimahi), berani ngajuin diri untuk pertukaran mahasiswa ke luar (gunma-jepang), sampe ninggalin keluarga full 1 bulan buat KKN di Cianjur.. Kesempatan yg benar2 harus disyukuri karena darisana kepercayaan orang tua pun akhirnya datang.. ayo,, qq udah dewasa..:)

2010 adalah masa2nya ber”amanah.. banyak yg akhirnya dijalani,, bersyukur dgn semua yg ada,, walaupun g ringan.. tentu saja.. sayangnya,, seiring terlepasnya amanah satu persatu,, langkah ini terasa semakin berat,, semakin sulit mengatur waktu, justru karena luangnya waktu itu sendiri.. kadang disorientasi dengan apa yg dilakukan.. tapi harus sadar,, amanah itu bermacam2 bentuknya.. saatnya untuk “membaca” peluang amanah yg demikian banyak terserak di bumi ini.. jgn sampai sia-sia..

2010 memberi satu semangat dan syukur yang mendalam,, berhasil menghafal “hanya” 1 juz Al-Qur’an.. setelah perjuangan 21 tahun mengenal dan mengulang2nya,, tapi disorientasi pun akhirnya terjadi,, ketika hati dan fikiran tidak terjaga optimal,, hafalan pun bisa hilang secara perlahan, ternyata menjaga lebih sulit dibandingkan menghafalnya,, begitu juga semangat,, betapa menjaga semangat tak semudah membalikan telapak tangan.. dan semangat ini bukan sekedar msalah menghafal AlQur’an. Amal yaumi yg lain, rutinan tiap pekan, dan “rutinitas”juga ikut naik turun semangatnya..

2010 insyAllah jadi lahan blajar yg luar biasa,, belajar berdamai dengan hati, belajar berpikir dengan luas, berbicara dengan bahasa orang lain,, belajar hidup dengan berbagai macam orang.. belajar menyadari hidup yg sedemikian berputar kencang,, perputarannya secepat roda,, saat mulia dan hina,, saat meninggi dan merendah,, saat berjaya dan kecewa..

begitu banyak hari yg berlalu di tahun 2010,, entah bagaimana bisa saya pertanggungjawabkan waktunya di akhirat kelak,, terlalu banyak hal laghwah sebenarnya di setiap sela waktunya.. tapi semoga bisa diminimalisir di tahun ini.. semoga usia ini smakin berkah.. semakin dewasa dan islami menyikapi segalanya..

 

-saatnya untuk berbagi dan merancang mimpi-

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s