Pertumbuhan gigi anak

Gambar

Pertumbuhan gigi anak

Pertumbuhan gigi anak

Sejak usia kehamilan memasuki minggu ke-6. cikal bakal gigi berupa tonjolan di sekeliling rongga mulut sudah mulai terbentuk. Kemudian akan terbentuk jaringan keras di sekeliling cikal bakal gigi tersebut saat janin memasuki umur 3-4 bulan. Cikal bakal gigi ini akan tetap“bersembunyi” di dalam geraham, sampai bayi lahir dan mencapai umur sekitar 4-7 bulan.
Gigi pertama ada yang sudah mulai menampakkan diri sejak bayi berumur 3 bulan. Namun, pada kebanyakan anak, gigi pertama rata-rata muncul di usia 6 bulan. Secara bertahap, gigi yang dikenal dengan gigi susu ini, akan muncul satu persatu seiring dengan bertambahnya usia dan semakin variatifnya jenis makanan si kecil. Gigi susu biasanya terakhir tumbuh ketika anak mencapai usia 2-3 tahun. Pada usia ini, biasanya jumlah giginya sudah lengkap, yaitu 20 buah.
Setelah melewati masa balita, atau sejak dia berumur antara 6-7 tahun, gigi susunya akan tanggal secara bertahap dan digantikan oleh gigi tetap. Di bawah ini terdapat tabel yang memudahkan ayah bunda untuk membandingkan perkembangan gigi si buah hati dengan waktu ideal gigi tersebut tumbuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s