Mendidik anak cerdas finansial day 2

Standar

Mengenalkan aktivitas menabung adalah salah satu tahapan melatih kecerdasan finansial anak sejak dini. Saya mulai mengenalkan fath tentang menabung satu tahun yang lalu, saat fath menerima uang di hari lebaran dari saudara dan tetangga. Saat itu fath berusia 3,5 tahun, sudah mulai mengenal uang dan saat itu menerima langsung pemberian tersebut. Saya jelaskan bahwa uang ini bisa kita gunakan untuk hal yang Fath perlukan jika sudah terkumpul banyak, supaya tidak sekadar dipakai jajan. Dengan polos, fath menyampaikan tabungan ini untuk haji.

Seiring berjalan waktu, tabungan semakin banyak. Fath biasanya mengambil uang koin yang ada di dompet saya atau uang receh ayah yang tergeletak di meja. Sudah dua kali saya setorkan uang tabungannya ke bank, sayangnya masih bergabung dengan rekening saya supaya tidak ada tambahan biaya administrasi untuk rekening baru. Biasanya di akhir bulan, saya bawa uang receh di celengannya untuk belanja ke warung dan mengembalikannya dalam bentuk unag kertas dengan jumlah yang sama. Hal ini membantu sekali bagi tukang sayur yang sering kesulitan mencari receh.

Materi mendidik cerdas finansial kali ini mendorong saya untuk lebih intens mengingatkan fath tentang manfaat menabung. Karena setelah setahun berlalu, fath mulai cuek dengan tabungannya. Kadang dibuka wadahnya dan dimainkan uangnya sampai berantakan dan dikembalikan lagi. Kadang saya yang suka mengambil uang receh dari wadahnya jika fath ingin membeli sesuatu dari tukang dagang keliling. Fath sepertinya lupa juga dengan mimpi besarnya untuk haji, karena keinginan sederhana anak kecil di sekitarnya adalah mainan atau makanan tertentu. Sayang sekali, hal positif yang sudah dimulai sejak kecil berlalu begitu saja. Selagi masih berada di fase emas perkembangannya, saya harus berupaya lebih fokus melatih kecerdasan finansialnya dengan aktivitas menabung ini, bismillah.

#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RezekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s