Mendidik anak cerdas finansial day 5

Standar

Perjalanan mendidik anak cerdas finansial membuat saya dan ayah fath juga belajar mengaplikasikan ilmunya. Bulan juli ini kami cukup banyak pengeluaran besar. Beberapa agenda pengeluaran memang tertunda dari bulan juni karena libur lebaran yang cukup panjang, seperti service mobil dan imunisasi arka. Alhasil, bulan juli ini uang mengalir keluar dari kantong seperti keran yang dibuka maksimal, keluar masuk tak tertahan. Alhamdulillah untuk kebutuhan primer dan kewajiban rutin sudah dipisahkan.

Dari sekian banyak kebutuhan, ada yang angkanya fix dan ga bisa ditawar, ada juga yang masih bisa ditekan biayanya selama tujuan pembiayaannya tercapai, contohnya adalah stroller untuk arka. Saya agak meringis setelah tahu harga pasarannya sudah di atas 1 juta saat ayah survey. Akhirnya kami berusaha mengagendakan waktu ke toko yang lebih banyak pilihan meskipun jauh dari rumah. Sebelumnya, kami diskusi poin apa saja yang harus ada dan berapa budget yang aman untuk dikeluarkan.

Setibanya di toko, saya senang sekali dengan banyaknya stroller yang dijual. Satu persatu saya amati harga dan barangnya. Hmmm, memang variatif, dari angka 500rban sampai 3 juta ada disini. Setelah puas mengamati berbagai merk, kami minta bantuan pelayan yang ada. Kami bandingkan beberapa stroller dengan fungsi dan harga yang bervariasi. Alhamdulillah dengan berdiskusi di awal membuat kami lebih mudah memutuskan pilihan yang tepat dan mengekslusi yang tidak sesuai dengan yang kami rencanakan. Dengan pola seperti ini, kami bisa mendapatkan barang yang benar-benar kami butuhkan, dengan kualitas yang baik, dan harga yang sesuai dengan budget kami.

Pola seperti ini berusaha kami terapkan saat akan membeli barang yang digunakan dalam jangka waktu lama, bukan hanya barang yang mahal. Kenapa? Rumit sekali harus berdiskusi untuk segala barang yang akan dipakai lama seperti panci atau ember. Saya bersyukur dengan kebiasaan kami dalam berdiskusi membuat rumah kami tidak sempit oleh berbagai barang dan sebagian besar barang yang kami miliki terhitung awet. Mudah-mudahan kami konsisten dan bisa mengajarkan fath untuk bijak dalam menggunakan uangnya untuk membeli sesuatu. Diskusi dengan pasangan seperti ini juga bisa menumbuhkan rasa cinta pada pasangan, karena setiap barang yang kita beli punya kisah tersendiri yang indah untuk dikenang. 😍

#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RezekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s