Mendidik anak cerdas finansial day 7

Standar

Hari ini fath bermain bersama teman-temannya di rumah kami. Di saat saya mencuci piring, fath menghampiri dan mengatakan mainan tobotnya lepas. Mainan ini baru kami belikan beberapa hari yg lalu sesuai kesepakatan kami untuk membeli mainan 2 bulan sekali. Saya menghela nafas dan berusaha menenangkan perasaan saya sebelum menerima perasaannya. Saya temani fath menyampaikan pada temannya bahwa mainannya rusak, fath kecewa tapi berusaha memaafkan temannya. Alhamdulillah mereka bermain kembali dengan ceria.

Setelah teman-temannya pulang, saya peluk fath dan berusaha mengalirkan perasaan kecewanya. Saya berharap fath tetap bersyukur karena masih banyak mainan lain yang ia miliki dan punya teman-teman yang menyenangkan. Fath kembali bertanya kapan boleh beli mainan kembali dan saya jawab nanti bulan september. Sepertinya fath masih belun kebayang, jadi saya ambil kalender dan menghitung bersama berapa hari lagi bulan september.

Sebenarnya bagi kami, mainan adalah keinginan bukan kebutuhan. Tapi buat anak-anak, mainan baru selalu menjadi hal yang dinanti dan menyenangkan. Alhamdulillah fath banyak dapat lungsuran mainan dari om dan sepupunya, jadi mainan yang tersedia di rumah cukup banyak. Hal ini yang membuat kami jarang membelikannya mainan. Tapi seiring bertambahnya usia, fath mulai mengenal mainan baru dan berharap bisa membeli mainan yang sesuai keinginannya. Akhirnya disepakati untuk membelinya dua bulan sekali.

Semoga kesepakatan ini bisa melatih kecerdasan finansialnya juga menumbuhkan fitrahnya untuk senantiasa bersyukur dan menghargai kepemilikan barangnya sendiri.

#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RezekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s