Mengasah kreatifitas : dinding huruf dan angka

Standar

Usia empat tahun adalah golden moment bagi fath mengenal huruf latin, hijaiyah, dan angka. Beberapa bulan ke belakang, fath mulai tertarik untuk menghafal simbol dari setiap huruf dan angka. Awalnya saya hanya mengenalkan konsep angka secara real dan mendekatkannya pada buku, bukan hurufnya. Di saat sepupunya sudah hafal semua huruf dan angka di usia 3 tahun, saya bersyukur karena golden moment ini hadir dan saya berusaha memenuhi kebutuhan stimulasinya, tanpa sibuk membanding-bandingkan dengan anak lain.

Seringkali fath bertanya, huruf k yang kayak gimana, kalo b kaya gimana, dan pertanyaan sejenisnya. Biasanya saya menunjukan bentuk hurufnya menggunakan jari atau menunjuk huruf yang ada di benda apapun di sekitar saya. Lama kelamaan pertanyaan semakin variatif, kalo susu tulisannya gimana, kalo pintu tulisannya gimana. Saya pikir, sudah waktunya saya menuliskan semua kata yang fath tanyakan dan mengajarkannya membaca.

Ide saya kali ini, bagaimana kalo memanfaatkan dinding kamar untuk belajar membaca? Saya tempel delapan lembar kertas a3 bekas pekerjaan ayah untuk alas menulisnya. Fath sejak kecil tidak pernah mencoret dinding, jadi kertas berukuran besar harus dipasang sebagai alasnya. Saya tulis huruf latin besar dan kecil, huruf hijaiyah dengan tanda bacanya, dan angka. Setiap fath bertanya tulisan sebuah kata, saya tulis sesuai kolom huruf pertama dari kata tersebut.

Mudah-mudahan ide kali ini benar-benar bermanfaat dan bisa membantu fath untuk bisa membaca buku juga Al-qur’an. Aamiin.

#tantangan10hari

#level9

#kuliahbunsayiip
#thinkcreative

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s