Mengasah kreativitas : seminar bersama dua balita

Standar

Hari ini saya dan suami ada kegiatan bersama sejak pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore. Selepas shubuh, suami menyampaikan kembali keraguannya, apakah anak-anak memungkinkan untuk ikut atau ayah saja yang pergi dan saya di rumah bersama anak-anak. Saya berusaha meyakinkan, anak-anak akan baik-baik saja selama acara. Saya berusaha mencari tahu situasi yang akan kami hadapi dan menjelaskan pada fath tentang aktivitas kami hari ini sebelum fath tidur malam.

Akhirnya kesibukan pagi hari cukup menyita tenaga. Memandikan balita dan bayi bergantian, menyiapkan sarapan, menyetrika pakaian, juga menemani drama sarapan fath yang menolak makan sayur. Alhamdulillah kami bisa hadir 10 menit sebelum acara.

Saya memilih tempat yang nyaman untuk bayi namun tetap mudah diakses keluar masuk ruangan. Fath memilih bersama ayah sejak awal acara. Alhamdulillah, sampai dzuhur saya bisa mengikuti acara dengan baik. Sesekali arka minta nyusu atau berubah posisi gendongnya. Fath tampak duduk tenang bersama ayahnya bahkan sempat tidur sebentar, padahal tas mainannya ada di saya.

Selepas ishoma, fath minta bersama bunda. Ayah sempat ragu karena tidak mungkin memegang arka, sedangkan peserta laki-laki dan perempuan terpisah. Saya yakinkan semua akan baik-baik saja. Fath sudah tidur siang dan makannya habis, insyaAllah sholeh dan bekerjasama.

Saat acara mulai kembali, saya berusaha menidurkan arka supaya bisa fokus mengikuti acara dan menjaga stabilitas fath. Alhamdulillah arka tidur dengan tenang. Alhamdulillah saya duduk dekat tante-tante fath yang mau mengajak fath mengerjakan buku aktivitasnya. Namanya balita, rentang konsentrasinya hanya 5-10 menit. Saya terus memberinya mainan bergantian supaya fath duduk tenang di samping saya. Saya berusaha berpikir kreatif dengan memanfaatkan barang yang ada. Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan fath tetap bahagia sampai akhir acara.

#tantangan10hari

#level9

#kuliahbunsayiip
#thinkcreative

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s