Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng Part 10

Standar

Materi pembahasan ayat pekan ini cukup berat. Karena temanya panca indera, pekan ini kami membahas surat al-araf ayat 179. Bunda belum hafal ayatnya, jadi sebelum menjelaskan pada fath, bunda berusaha menghafal dulu ayatnya dan mencari ide bagaimana agar fath tertarik dengan penyampaiannya.

Di ayat tersebut bercerita bahwa di neraka jahannam banyak dari golongan jin dan manusia. Mereka adalah orang-orang yang punya hati, tapi tidak digunakan memahami ayat Allah. Mereka punya mata tapi tidak melihat ayat Allah, dan punya telinga tapi tidak mendengar ayat Allah. Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi.

Saya awali dengan bertanya tentang hewan ternak, fath suka sekali dengan hewan ternak, khususnya yang disembelih saat qurban. Saya ajak fath berimajinasi tentang hewan ternak dan membayangkan manusia yang Allah berikan kesempurnaan dibandingkan hewan. Tapi ternyata banyak manusia yang tidak memanfaatkan kesempurnaan itu. Sayang sekali, orang-orang itu lebih sesat dibandingkan hewan ternak.

Fath mulai memahami makna ayatnya dan sedikit demi sedikit bisa menyimpulkan. Fath ingin lebih rajin membaca dan mendengarkan Al Quran. Fath ingin lebih banyak bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan padanya. Fath juga ingin diberikan kemudahan untuk bisa menghafal Al Quran dan dijauhkan dari hal-hal yang mengotori hatinya dan menyulitkannya dalam menghafal Al Quran.

Barakallah anak sholeh bunda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s